Jenis-Jenis Genset dan Spesifikasinya

Jenis-Jenis Genset. Apakah Anda tahukah bahwa generator bensin, seperti halnya motor, juga ada yang bermesin 2 tak? Seberapa besar outputnya? Mari kita simak penjelasan berikut mengenai jenis dan spesifikasi genset.

Seperti yang sudah kita pahami sebelumnya, bahwa genset adalah alat yang berfungsi menghasilkan energi listrik, energi yang dihasilkan ini dapat digunakan sebagai pengganti energi listrik yang terputus, atau sebagai sumber listrik untuk area yang belum terdapat listrik.

Jenis-jenis genset.

Secara umum, genset dibedakan menjadi dua berdasarkan bahan bakar yang digunakan, yaitu :

  1. Gasoline generators.

Gasoline generators, adalah jenis dari genset yang menggunakan bensin (gasoline) sebagai bahan bakar utama pada genset tersebut. Penggunaan bahan bakar jenis ini merupakan pengembangan dari teknologi genset terdahulu, dimana mayoritas menggunakan bahan bakar solar.

Berdasarkan teknologi yang diterapkan pada mesinnya, jenis genset gasoline diciptakan menjadi dua jenis yaitu :

  • Genset mesin 2 tak,
  • Genset mesin 4 tak.

Perbedaan pada kedua jenis genset diatas yaitu pada fungsi kerjanya, dimana pada jenis mesin 2 tak memiliki karakteristik torsi yang besar dan memiliki komponen mesin yang lebih sedikit dari jenis 4 tak, sehingga diciptakan dalam bentuk kecil dengan kapasitas yang kecil pula. Jenis genset 2 tak biasa digunakan untuk usaha dagang dan lain-lain yang membutuhkan daya kecil (kurang dari 1000 watt).

Sedangkan pada jenis genset 4 tak, pengembangan produk sangat bervariatif, produk diciptakan dari kapasitas 1500 watt, hingga 10.000 watt, sehingga membuat produk banyak digunakan pada berbagai kebutuhan, baik untuk pribadi hingga untuk usaha. Selain itu keuntungan lain dari genset jenis ini adalah hemat bahan bakar dan ramah lingkungan. Pada output listrik genset jenis ini, masih banyak yang menerapkan arus single phase, hanya pada tipe yang outputnya 10.000 watt menggunakan 3 phase.

2. Diesel Generators.

Sebelum populernya jenis genset gasoline, penggunaan genset berbahan bakar diesel menjadi pilihan utama pada pengguna, kita mungkin masih ingat dengan nama populer pada produk genset yang menggunakan mesin diesel dengan merk “Dongfeng”. Saking populernya, banyak masyarakat menyebut genset diesel merk apapun dengan sebutan Dongfeng.

Penggunaan genset jenis ini biasa digunakan untuk menyuplai daya ketika ada acara besar, seperti hajatan, pentas seni, dan lain-lain yang membutuhkan suplai daya yang besar.

Generator jenis diesel memang banyak diciptakan dengan kapasitas yang besar, dengan daya  outputnya berkisar 10.000 hingga 100.000 watt/100 KVA. Seiring dengan perkembangan teknologi, fitur yang dikembangkan pada genset berbahan bakar diesel diantaranya seperti Compact size (ukuran produk yang tidak terlalu besar), Silent (suara kerja mesin yang tidak berisik), dan low emission (emisi gas buang yang rendah).

Selain itu, hal lain yang diterapkan dalam teknologi pada semua genset yaitu adanya fitur-fitur menarik, diantaranya double starterautomatic chokelow oil indicatorlow tank indicatorengine wheelremote engine system dan lain-lain.

Demikian jenis-jenis generator set beserta spesifikasi yang umum digunakan pada produk, semoga artikel yang sedikit ini dapat menambah wawasan anda.


Jika Anda membutuhkan perbaikan genset Portable atau genset kecil,kami melayani Service Genset Portable dengan biaya pengecekan (bongkar pasang) Rp. 100.000 dan biaya service Rp . 200.000 – Rp. 300.000 diluar penggantian spare part.

untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi langsung kami :

PT. HARFIKA NUSANTARA BUANA

Jl. Cipinang Muara 2 No. 16 Klender, Duren Sawit,
Jakarta Timur, DKI Jakarta 13470
Phone : +62-21-8661 6365,

Handphone/WA : +62 812 8533 8689, +62 812 8884 5676
Email : rizkigenset@gmail.com , jayatna10@gmail.com

Spread the love